Astronom Amatir Temukan Supernova 290 Juta Tahun

(dailymail.co.uk)

Dublin- Astronom amatir berhasil menemukan cahaya dari ledakan supernova 290 juta tahun lalu. Supernova itu pertama yang ditemukan di Irlandia.

David Grennan, 39 tahun, sedang bersiap tidur saat ia melihat ledakan bintang dari teleskop di rumahnya di Raheny, Dublin, Austria.

Dia berhasil mengalahkan astromom profesional di seluruh dunia. Bahkan, penemuan ini dikonfirmasi oleh badan astronomi internasional.

Ledakan supernova tersebut terjadi sebelum keberadaan dinosaurus di bumi. Grennan menemukan ini dengan membandingkan gambar yang ia ambil di wilayah yang sama di langit pada Agustus dan September.

Ia menyadari adanya titik hitam di gambar terbaru yang belum ada sebelumnya. Meskipun tampak kecil di foto tersebut, ia menyebutkan bahwa kekuatan supernova setara dengan ledakan 100 juta kali bumi di waktu yang sama.

Saat ini, Grennan bekerja sebagai pengembang software CIE, namun menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk menatap langit.

“Ini adalah hobi saya sejak berumur lima tahun. Saya selalu bertanya-tanya soal bintang dan atmosfer.”

Grennan membeli teleskop genggam pertamanya pada tahun 1991 dan secara bertahap meningkatkan peralatan benda langit miliknya selama bertahun-tahun. Ia membangun ruang pengamatan di rumahnya pada tahun 2005.

Tidak ada peralatan yang sangat canggih di tempat tersebut. Bahkan, ia merasakan beberapa kesulitan dalam melakukan hobinya.

“Sayangnya, cuaca Irlandia tidak mampu membuat saya terlalu banyak mengamati langit. Saya mencoba untuk mencurahkan kesukaan saya setiap dua hari seminggu.”

Grennan mengakui bahwa dirinya sangat tertarik dengan temuan itu. “Saya merasa seperti ada ruang kosong di luar angkasa ini saat ada bintang yang meledak. Tapi, ada satu hal yang pasti bahwa kita tidak pernah tahu apa yang benar-benar terjadi.”

Dua tahun lalu, Grennan menemukan asteroid dengan luas 3 meter dan memberi nama benda itu nama ibunya, Catherine Griffin, yang selalu mendukung hobi anaknya sejak kecil.

Cahaya supernova tersebut diperkirakan tetap muncul selama dua hingga tiga bulan sebelum lenyap.(inilah.com)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: