Mengapa Banyak Bayi Lahir Agustus?

https://i0.wp.com/www.wandira.com/wp-content/uploads/2010/04/Bayi-lahir-normal.jpg

Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan sebagian besar bayi Amerika dilahirkan pada bulan Agustus. Mengapa?

Agustus kerap memenangkan gelar sebagai bulan kelahiran terbanyak. Pada 2006, banyak bayi lahir pada Agustus, sama seperti 10-16 tahun sebelumnya. CDC memperkirakan, 9% semua kelahiran terjadi di bulan itu. Sedangkan Februari paling sedikit.

Ahli kependudukan National Center for Health Statistics di CDC, T.J. Mathews mengatakan, Agustus memiliki angka kelahiran tertinggi. Namun pada tahun-tahun lain, Juli atau September juga sama. Agustus memiliki kelahiran terbanyak pada periode 1990-2006.

Namun menurut National Center for Health Statistics, selama enam tahun (1992, 1993, 1997, 1998, 2003 dan 2004) jumlah terbanyak pada Juli. Berdasarkan catatan, akhir musim panas lalu, dokter kandungan menyaksikan peningkatan bayi baru lahir.

“Pasti ada hubungannya dengan waktu konsepsi dan apakah ada masalah waktu dengan kehamilan, selain kelahiran hidup,” kata Mathews. Kenapa Agustus? Menurut ahli kependudukan CDC Paulus Sutton, musim dan kondisi cuaca berperan kelahiran.

Dia berteori, saat raksa menurun di akhir musim gugur dan dingin, hal-hal ‘memanas’ di rumah dan orang lebih banyak menghabiskan waktu dalam ruangan. Sekitar sembilan bulan kemudian, bayi musim panas pun lahir.

 

Sumber: inilah.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: