Nasa Temukan 5 Planet Mirip Bumi

Apakah kita sendirian di alam semesta ini? pertanyaan klasik itu mulai terjawab. Kepler, teleskop milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA), menemukan lima planet seukuran bumi yang mengorbit di galaksi kita. 

Lima planet ini mengorbit di zona yang cukup nyaman bagi sebuah kehidupan. Letaknya cukup jauh dari matahari dan kemungkinan besar memiliki air. Kita tahu, air adalah faktor kunci bagi kehidupan.
“Selama ini kehidupan di planet lain adalah suatu hal yang ilmiah tapi fiksi, kini Kepler telah membantu fiksi yang ilmiah itu menjadi kenyataan,” kata administrator NASA, Charles Bolden seperti dikutip dari laman CNN kemarin.
Tim Kepler ini juga mengumumkan menemukan enam planet lain yang lebih besar, semuanya mengorbit ke satu matahari seperti bintang. Bintang itu terletak 2.000 tahun cahaya dari bumi.
Teleskop Kepler juga menemukan 1.200 calon planet. Faktanya, banyak planet yang ditemukan di galaksi Milky way. “Jadi ada banyak sekali planet yang mengorbit seperti bumi di galaksi kita,” kata William Borucki, kepala investigator Kepler.
Adapun lima planet yang mirip bumi mengorbit di satu bintang, lebih dingin dan kecil dibandingkan matahari kita. NASA masih melakukan penelitian lanjutan untuk memastikan bahwa temuan tersebut adalah planet yang seperti bumi.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: