Agar Kentut Tidak Bau Busuk

https://bengkelsainsandtechno.files.wordpress.com/2011/01/200px-no_kentut_allowed.jpg?w=200

Kentut ialah reaksi alami tubuh yang bisa datang kapan dan dimana saja. Namun, jika keseringan kentut dan aromanya busuk sekali, tentu akan membuat malu dan mengganggu orang-orang disekitar. Biar baunya tidak terlalu busuk, ada beberapa cara untuk mengakalinya. Apa saja itu?

Menurut American College of Gastroenterology, rata-rata kentut 10 hingga 20 kali sehari, masih dianggap normal. Dalam frekuensi normal, kentut merupakan hal yang sehat, karena menandakan sistem pencernaan khususnya gerakan peristaltik usus hingga anus berjalan dengan normal.

Selain membuat ketidaknyamanan sosial, kentut yang berbau busuk bisa menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu mengurangi jumlah gas dalam tubuh.

Dilansir Livestrong, Selasa (18/1/2011), berikut beberapa cara untuk mengakali agar kentut tidak busuk aromanya :

1. Minum Teh Herbal

Minum teh herbal setelah makan, dapat mencegah terbentuknya gas di usus. Breastcancer.org merekomendasikan teh chamomile atau peppermint, yang dapat membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan benar, sehingga mencegah kentut berbau. Teh hijau juga dapat membantu dalam hal ini.

2. Batasi Makanan Yang Memicu Gas di Perut

Terlalu banyak makan makanan yang tinggi serat, seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian, dapat memicu gas di perut. Batasi sayuran, seperti brokoli, kubis, kecambah, dan kembang kol bila Anda sedang mengalami perut kembung. Alkohol dan minuman bersoda, juga dapat membuat Anda lebih sering kentut dan berbau.

3. Perhatikan Asupan Produk Susu

Perhatikan apakah gas dalam perut Anda meningkat saat mengonsumsi produk susu, seperti susu, keju, dan yogurt, karena bisa jadi Anda tidak toleran terhadap laktosa, yang bisa membuat Anda lebih sering kentut dengan bau yang busuk.

4. Rutin Olahraga

Menurut MayoClinic.com, teratur olahraga dapat membantu meringankan chronic intestinal gas (kentut yang berlebihan), yang menyebabkan kentut berbau busuk. Pilih latihan yang ringan, seperti jalan kaki dan yoga, yang dapat membantu kerja sistem pencernaan yang sehat, sehingga tidak menghasilkan gas yang berlebihan.

5. Ubah Kebiasaan Makan

Ubah kebiasaan makan Anda untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan mengurangi udara yang masuk ke perut saat makan. Kunyahlah makanan dengan perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan besar dan tidak bicara saat makan. Jangan gunakan sedotan saat minum dan hindari permen karet untuk mencegah lebih banyak udara masuk ke perut.

 

Sumber: siradel.blogspot.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: