Waspada Trojan Khusus Firefox

CALIFORNIA – Sebuah Trojan yang mengincar pengguna Firefox telah ditemukan. Virus ini memaksa pengguna browser internet untuk menyimpan password ditempat yang merupakan jebakan, dan kemudian menggunakan password tersebut untuk membuat akun user baru pada komputer yang terinfeksi.

Sebagian besar peneliti keamanan menyarankan agar pengguna tidak memberitahu Firefox untuk mengingat password mereka yang tersimpan karena begitu mudah diekstraksi oleh malware.

Virus malware Trojan yang bernama PWS-Nslog ditemukan oleh perusahaan keamanan Webroot. Oleh Webroot, pengguna diminta benar-benar menonaktifkan kode Firefox dan pasword ketika pengguna log ke situs yang aman.

“Sebelum infeksi, instalasi default Firefox 3.6.10 akan mendorong pengguna setelah pengguna mengklik Log In tombol pada halaman Web, menanyakan apakah dia ingin menyimpan sandi,” jelas peneliti Webroot Andrew Brandt, seperti dikutip PC World, Senin (11/10/2010).

Secara khusus, Trojan menambahkan beberapa baris kode dan “komentar keluar” bagian lain dari kode dari file Firefox bernama nsLoginManagerPrompter.js. Kode tersebutlah yang memanfaatkan kode password yang disimpan oleh browser Firefox. Dengan informasi itu, Trojan menciptakan sebuah akun baru dengan nama “Maestro” di komputer yang terinfeksi.

“Dari situlah, Trojan akan mencuri beberapa informasi penting yang dapat merugikan pengguna komputer,” tandasnya. (okezone)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: