Menggabung dan Memisah File PDF tak Lagi Ribet dengan Pdf Jumbler

http://cdn.ghacks.net/wp-content/uploads/2011/01/pdf-jumbler.jpg

Menggabungkan atau memisahkan file-file PDF kadang bisa sangat merepotkan bila anda kekurangan amunisi yang tepat. Bagi anda yang fanatik dengan software resmi berlisensi dan ogah menggunakan piranti lunak bajakan, PdfJumbler bisa menjadi pilihan tepat. Selain sederhana dan mudah digunakan, aplikasi ini juga gratis.

Aplikasi dapat diunduh dalam format JAR dan digunakan tanpa instalasi khusus. Hanya saja terdapat pula versi EXE yang meminta anda melakukan instalasi, toh itu pun sangat sederhana. Satu syarat mutlak untuk menggunakan PdfJumbler, mesin komputer yang anda gunakan wajib dilengkapi dengan Java.

Untuk menangani data PDF yang anda buka aplikasi mengandalkan dua plugin, yakni iText editor and JPedal renderer. Antarmuka aplikasi sungguh sangat sederhana dan hanya menampilkan fungsi serta opsi yang anda benar-benar butuhkan.

Ia dapat memisah menjadi dua bagian meski hanya satu yang benar-benar terlihat di layar anda yakni yang menampilkan file PDF anda. Sementara bagian lain akan menggantung di sisi kiri dan disebut Clipboard. Keduanya dapat digunakan untuk menyimpan hasil akhir.

Untuk membuka file dalam aplikasi cukup dengan melakukan dragging dan dropping file yang diinginkan dalam antarmuka aplikasi. Otomatis PdfJumbler akan mendeteksi halaman dokumen tersebut dan menampilkan setiap halaman secara individu. Dragging dan dropping halaman juga berarti menyusun halaman dalam urutan tertentu yang anda inginkan.

Setelah membuka file yang anda ingin edit, set pilihan sederhana yang tertampil dalam piranti lunak  memungkinkan anda untuk melakukan zoom in (pembesaran) atau zoom out (pengecilan) halaman sehinga anda bisa melihat isi halaman, menghapus yang anda inginkan (tersedia pula fitur memilih massal) atau mengosongkan layar dari setiap file yang anda inginkan.

Begitu seluruh halaman tersusun dalam urutan yang anda inginkan, anda dapat memproses dan menyimpan hasil ke lokasi yang anda inginkan. Hanya saja proses ini bergantung pada tempat di mana anda membuat dokumen baru.

Fitur tombol untuk menyimpan file terletak terpisah. Jika anda menyusun di Clipboard maka anda harus menggunakan fungsi ‘save’ di bagian bawah windows, sementara bagi anda yang mengutak-atik di window utama, tombol ‘save’ terletak di sisi atas bagian kanan.

PdfJumbler adalah alat sederhana yang dapat melakukan penggabungan dan pemisahan dokumen PDF dengan cukup elegan. Drag dan drop adalah metode utama untuk bekerja dengan program tersebut, baik ketika anda ingin menambah data atau mengorganisir halaman file. Pembesaran dan pengecilan dapat dilakukan dengan shortcut standar pada Window.

Ketika dampak terhadap kinerja komputer menjadi perhatian, program ini memang memberikan efek signifikan, namun tidak lama. Selama pengetesan yang dilakukan Softpedia, PdfJumbler membutuhkan dua detik untuk menampilkan file PDF sebanyak 865 halaman. Kerja CPU pun terokupansi sebesar 65 persen. Perilaku serupa juga ditemukan ketika pengguna melakukan scrolling terhadap dokumen, namun hanya 30 persen.

Memang, PdfJumbler tidak didesain untuk mengambil alih seluruh kebutuhan utak-atik PDF yang cukup rumit, namun ia mampu menjadi alternatif yang memudahkan.

Keuntungan

Jika anda memilih mengunduh file dalam format JAR anda tidak perlu menginstal dalam sistem. Adanya dukungan terhadap metode drag dan drop, membuat anda dapat bekerja dengan aplikasi hanya dengan mouse dan keyboard.

Anda pun dapat membatalkan perintah atau redo dengan menggunakan shortcut umum, Ctrl+Z dan Ctrl+Y. Aplikasi juga mendukung pemilihan halaman massal, sehingga mempermudah untuk menggabungkan lebih dari satu halaman ke dalam dokumen baru.

Kekurangan

PdfJumbler menjadi tidak sederhana ketika anda mengorganisasi file dengan jumlah besar halaman, pasalnya ia akan menambah halaman baru tepat di bagian yang anda ingin gabungkan.

Posisi Clipboard yang menggantung kecil di bagian kiri atas layar bisa tidak dikenali oleh sebagian besar pengguna.

Fakta

Aplikasi ini bebas lisensi, ringan dan sungguh luar biasa mudah untuk digunakan, terutama bila anda hanya menghadapi file-file kecil. Dalam kasus file besar dengan halaman banyak, seperti dijelaskan di atas aplikasi gagal menawarkan cara sederhana untuk melakukan penyusunan.(republika.co.id)

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: